Skuter Kaliurang

Skuter Kaliurang merupakan sebuah layanan yang menawarkan penyewaan skuter untuk dikendarai sambil mengelilingi jalan di sekitar wisata Kaliurang. Layanan terbaru ini sekarang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Kaliurang. Bahkan jika kamu berkunjung ke Kaliurang, maka pemandangan orang menaiki skuter listrik sudah menjadi hal yang banyak diminati.

Kali ini Nona Merapi akan membahas salah satu layanan terbaru di wisata Kaliurang lengkap dengan pesan reservasi Skuter Kaliurang yang murah dan menarik untuk wisatawan coba. Pembahasan Skuter Kaliurang ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga bagi yang belum pernah berkunjung ke tempat ini akan mudah mendapatkan berbagai macam informasi. Yuk langsung saja simak artikel ini sampai selesai !

Skuter Kaliurang

Cara mengendarai skuter listrik ini sangat mudah dan mengasyikkan. Sebelum mulai mengendarainya, penjaga skuter juga akan memberikan arahan terlebih dahulu supaya wisatawan memahami bagian-bagian skuter ini. Skuter listrik ini hampir mirip dengan motor matic, yaitu cukup mengandalkan gas, tuas rem dan keseimbangan.

1. Harga Tiket Masuk Skuter Kaliurang

Sebagai salah satu layanan yang berada di lokasi wisata, tentu saja skuter listrik ini memiliki Harga tiket Skuter Kaliurang. Selain itu, skuter ini merupakan milik warga desa yang menginvestasikan uangnya untuk layanan ini. Warga akan mendapatkan penghasilan setelah dipotong dengan biaya oprasionalnya.

Jika wisatawan ingin menggunakan skuter listrik ini, tarif Skuter Kaliurang perjam akan menyesuaikan dengan waktu setiap sewa. Penggunaan skuter selama 15 menit akan terkena biaya sebesar Rp10.000. Kemudian untuk biaya skuter 30 menit akan terkena tarif sebesar Rp20.000.

Tidak hanya biaya skuter 30 menit saja, bagi pengunjung yang ingin berlama-lama menggunakanya ada tarif Skuter Kaliurang perjam yaitu sebesar Rp35.000. Bagaimana cukup murah bukan ? Lumayan lah untuk menghabiskan waktu berwisata di Tlogo Putri Kaliurang.

Sebelum menggunakan skuter listrik ini, wisatawan bisa datang langsung ke lokasi dan pesan reservasi Skuter Kaliurang terlebih dahulu lalu menunggu giliran. Bagi pengunjung yang ingin reservasi dapat menghubungi account sosial media Skuter Kaliurang untuk melakukan reservasi.

Dengan harga tiket Skuter Kaliurang tersebut, wisatawan dapat berkeliling ke Kawasan Kaliurang dengan menaiki skuter listrik. Pada saat libur Natal dan tahun baru, penyewaan skuter ini meningkat dari hari-hari biasanya, terbukti dari 36 unit sekuter telah menghasilkan uang sebesar Rp18.000.000 menurut pengelola.

2. Lokasi dan Rute Skuter Kaliurang

Skuter Kaliurang beralamat di Jalan Tlogo Putri Kaliurang Timur, RT.06/RW.15, Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY 55582. Alamat Skuter Kaliurang ini sangat dekat dengan obyek wisata Tlogo Putri Kaliurang. Lebih tepatnya di sebelah barat Tlogo Putri Kaliurang dan hanya berjarak kurang lebih 180 meter saja.

Rute menuju lokasi sangat mudah ditemukan, karena telah tercantum dalam aplikasi Google Maps. Bagi wisatawan yang belum pernah berkunjung kesini, dapat memanfaatkan rute yang telah disediakan oleh google maps.

Wisatawan tinggal mencari Jalan Kaliurang, lalu berkendara melewati jalan tersebut kea rah utara. Setelah bertemu Pasar Pakem, wisatawan harus berkendara kearah utara hingga bertemu pertigaan di dekat Tugu Udang Kaliurang. Nah dari sini, alamat Skuter kaliurang sudah sangat dekat, tinggal mengikuti salah satu jalan di pertigaan tersebut lalu belok kanan menuju Jalan Tlogo Putri.

3. Cara Menuju Tempat Wisata

Wisatawan yang berkeinginan mencoba skuter listrik ini dapat datang ke lokasi dengan banyak cara. Pertama, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua atau roda empat. Cara yang pertama ini sangat banyak digunakan wisatawan saat berkunjung ke lokasi wisata karena jalan sudah sangat nyaman untuk lalulintas kendaraan.

Kedua, menggunakan layanan jeep wisata Merapi. Bagi wisatawan yang kerap berkunjung ke wisata kawasan kaliurang dan Merapi, pasti sudah lazim melihat wisatawan yang berkeliling ke obyek wisata dengan menggunakan kendaraan jeep. Nah bagi kamu yang belum pernah datang ke wisata kawasan Merapi, silakan mencoba juga layanan ini.

Cara yang ketiga adalah menggunakan transportasi umum, yaitu bus transjogja. Saat ini di Kabupaten Sleman telah tersedia terminal dan halte khusus bus transjogja. Wisatawan yang tidak membawa kendaraannya bisa memanfaatkan transportasi umum ini untuk menuju Terminal Pakem.

Wisatawan tinggal datang ke halte trans Jogja terdekat dan melanjutkan perjalanan ke utara menuju Terminal Pakem. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek online atau taxi online untuk sampai di lokasi.

4. Jam Buka Wisata

Skuter Kaliurang buka setiap hari, yakni mulai pukul 07.00-22.00 WIB. Bagi pengunjung yang melakukan reservasi, akan dibuka sejak pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.30 WIB. Jam buka ini lumayan lama sehingga bagi wistawan yang berasal dari luar daerah dapat menyesuaikan keberangkatannya menuju lokasi penyewaan skuter.

5. Gambaran Tempat Wisata

Skuter listrik ini ada di kawasan wisata Kaliurang sejak beberapa bulan yang lalu. Memang belum lama, namun antusias wisatawan yang ingin mencobanya sangatlah banyak. Hal ini membuktikan bahwa trobosan untuk mengangkat wisata Kaliurang yang dilakukan warga sekitar terbilang berhasil.

Bahkan hingga kini skuter listrik ini terus berkembang hingga ke wisata yang ada di sekitar Merapi. Sampai sejauh ini sudah ada sebanyak 350 unit skuter listrik yang tersebar pada 20 basecamp seputar Wisata Kaliurang.

Sebelum menyewa skuter, ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi oleh wisatawan. Persyaratan tersebut berupa KTP, SIM ataupun Kartu Mahasiswa. Lalu skuter tidak boleh digunakan untuk boncengan, yang boleh memakai skuter harus orang dewasa dengan ketentuan minimal berusia 17 tahun dan bisa mengendarai sepeda motor.

Cara mengoprasikan skuter listrik ini sangat mudah, tidak jauh beda dengan pengoprasian sepeda motor matic. Pegang setang skuter dengan kedua tangan, tangan kanan untuk memegang gas dan tangan kiri untuk memegang tuas rem. Rem yang paling dominan ada pada roda bagian depan, sehingga ketika akan berhenti harus pelan-pelan menarik tuas rem supaya tidak kehilangan keseimbangan dan terjatuh.

6. Tempat Wisata Terdekat

Selain Skuter Kaliurang, masih banyak lho obyek wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di Kawasan Merapi. Wisatawan dapat melanjutkan perjalanannya ke Tlogo Putri Kaliurang, Goa Jepang Kaliurang, Taman Gardu Pandang Kaliurang dan Museum Gunung Merapi. Nah untuk urusan kuliner, silakan kunjungi Jadah Tempe Mbah Carik dan Rumah Makan Bonda Merapi.

Leave a Comment