Ledok Sambi

Ledok Sambi adalah sebuah tempat wisata berkonsep piknik yang berada di Kawasan Merapi. Wisatawan yang ingin piknik, bisa datang ke obyek wisata ini untuk melakukan beragam aktifitas di pinggir sungai pada lembah Kali Kuning. Wisatawan, khususnya anak-anak pasti akan merasa senang bermain disini karena bisa bermain air dan menikmati pemandangan alam yang masih asri.

Kali ini Nona Merapi akan membahas tempat wisata yang mengusung tema piknik di pinggir sungai yang terletak di Kawasan Merapi. Pembahasan Ledok Sambi dibuat ringkas dan sederhana sehingga bagi yang belum pernah berkunjung ke tempat ini akan mudah mendapatkan berbagai macam informasi. Bagi yang baru tahu, yuk segera simak artikel ini sampai selesai, siapa tahu berminat untuk mengunjunginya.

Ledok Sambi

Destinasi wisata ini merupakan bagian dari Desa Wisata Sambi sehingga letaknya tidak berjauhan. Keindahan alam yang masih terjaga keasriannya dan terdapat warung kopi berkonsep piknik membuat tempat wisata ini semakin ramai dikujungi wisatawan dari berbagai penjuru. Selain itu, wisatawan dapat beristirahat, menikmati pemandangan sawah dan bermain air di sungai yang membuat suasana piknik semakin menyenangkan.

1. Harga Tiket Masuk Ledok Sambi

Bagi wisatawan yang tertarik mengunjungi Ledok Sambi, tidak perlu mengeluarkan biaya masuk jika hanya datang untuk menikmati suasana wisata. Meskipun tidak perlu membayar tiket masuk Ledok Sambi, untuk menjaga keamanan kendaraan saat berada di parkiran maka tetap ada biaya parkirnya. Pengunjung cukup mengeluarkan uang Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Kemudian bagi wisatawan yang ingin melakukan kegiatan bersama keluarga atau acara organisasi bisa menyewa lahan disana. Berikut penjelasan sewa lahan tiket masuk Ledok Sambi.

  • Sewa lahan untuk outbound, family gathering dan acara organisasi atau perusahaan.

Harga sewa lahan untuk acara tersebut sangat murah, yaitu Rp25.000 per orang jika tidak menginap. Lalu apabila wisatawan akan menginap maka biayanya bertambah menjadi Rp35.000 per orang. Fasilitas yang bisa didapatkan adalah area lahan, saung, kolam permainan dan parkiran.

  • Sewa lahan untuk pesta pernikahan atau pesta ulang tahun.

Wisatawan yang ingin melangsungkan pesta pernikahan bisa di Ledok Sambi ini. Pesta di alam terbuka dengan suasana yang khas pasti menjadi sebuah keunikan tersendiri. Untuk biayanya menyesuaikan dengan fasilitas pendukung acara.

  • Konsumsi

Harga paket konsumsi yang berisi 1x makan dan 1x snack standard dalam bentuk prasmanan sebesar Rp.30.000/pack. Untuk menu dapat menambah jenis ataupun jumlahnya dengan harga yang menyesuaikan.

  • Hiburan

terdapat 2 jenis hiburan di tempat wisata ini yaitu electone dan live acoustic. Biaya masing-masing hiburan ini sebesar Rp1.500.000 dan Rp4.500.000 untuk sekali pentas.

  • Dokumentasi

Pengunjung yang ingin mengabadikan momen liburan di wisata ini dapat memanfaatkan paket dokumentasi foto dengan biaya sebesar Rp200.000. Lalu untuk paket video drone&foto biayanya sebesar Rp1.500.000. Kedua layanan ini memiliki ketentuan yang sama, yaitu halfday dan output soft files.

Selain biaya sewa diatas, sebenarnya masih banyak biaya yang perlu wisatawan keluarkan jika ingin berkegiatan di wisata ini. Untuk lebih lengkapnya, silakan melihatnya di website resmi Wisata Ledok Sambi.

2. Lokasi dan Rute Ledok Sambi

Lokasi Wisata Ledok Sambi berada di sebelah timur Jalan Kaliurang, namun untuk memasukinya harus berkendara melewati pemukiman penduduk terlebih dahulu. Alamat wisata ini berada di Jalan Kaliurang No.KM 19, Dusun Sambi, Pakembinanung, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY 55582.

Akses jalan menuju lokasi sudah bisa dilalui kendaraan roda 2 maupun roda 4. Rute menuju lokasi juga sudah tertera di Aplikasi Google Maps, sehingga bagi wisatawan yang belum tahu dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk penunjuk jalan.

Aku juga akan memberikan gambaran beberapa nama jalan dan nama tempat yang akan wisatawan lalui untuk bisa sampai di Ledok Sambi Resort. Bagi pengunjung yang sedang berada di Yogyakarta, silakan berkendara menuju Jalan Kaliurang.

Kemudian ikuti terus jalan tersebut sampai di pertigaan dekat Soto & Bakso Jumbo “Sinar Andhini”. Setelah itu, silakan belok kanan menuju Jalan Sambi kearah timur. Lihat papan penunjuk jalan dan lokasi wisata akan pengunjung temukan.

3. Cara Menuju Tempat Wisata

Ada banyak cara agar wisatawan bisa sampai di lokasi Ledok Sambi Kaliurang. Cara yang paling banyak dilakukan para pengunjung adalah menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor atau mobil. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, jangan sampai lupa membayar parkir seharga Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Selain itu, untuk pengunjung yang tidak membawa kendaraanya dapat menggunakan transportasi umum, yaitu Bus Transjogja. Silakan pergi ke halte atau terminal yang memiliki jalur menuju Terminal Pakem. Setelah tiba di Terminal Pakem, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek online.

4. Jam Buka Wisata

Ledok Sambi beroprasi setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Pada hari libur, pengunjungnya sangat ramai jadi sesuaikan keberangkatanmu supaya dapat menikmati tempat wisata ini dengan nyaman. Aku sarankan untuk berangkat lebih awal agar puas bermain dan menikmati wisata ini.

5. Gambaran Tempat Wisata

Ledok Sambi Kaliurang berawal dari sebuah warung kecil yang mana dikelola oleh penyedia jasa outbond sejak 2004 lalu. Kemudian warung tersebut dipindah ke sebuah lembah yang terdapat aliran sungai. Dari awal mula ini, tempat ini mulai berubah menjadi tempat wisata yang hingga kini semakin ramai pengunjungnya.

Tempat wisata ini terdapat aliran sungai yang dangkal dan menyuguhkan keindahan persawaan. Suara gemricik air dan udara yang segar akan membuat pikiran lebih tenang, sehingga obyek wisata ini sangat tepat wisatawan kunjungi untuk merefleksikan diri dari kepenataan.

Berwisata di Ledok Sambi Resort memungkinkan pengunjung untuk piknik di pinggir sungai sambil makan-makan atau bermain air. Wisatawan tidak perlu repot-repot membawa peralatan piknik, karena terdapat penyewaan disana.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan ketika berkunjung, wisatawan bisa duduk-duduk di kursi seberang area tenda gazebo. Sementara itu, jika memilih untuk lesehan bisa menggunakan tikar dan meja untuk meletakkan makanan.

Selain itu, ada banyak kegiatan permainan yang bisa wisatawan ikuti. Mulai dari permainan flying fox hingga river tubing menggunakan ban pelampung bisa dilakukan di wisata ini. Menariknya lagi, pengelolaan wisata ini melibatkan masyarakat sekitar sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga.

6. Tempat Wisata Terdekat

Banyak sekali tempat wisata terdekat dari Ledok Sambi. Jika belum puas berwisata disini, wisatawan dapat mengunjungi Desa Wisata Pentingsari, Suraloka Zoo, Tlogo Putri Kaliurang dan Skuter Kaliurang. Untuk urusan perut, silakan mencoba berbagai pilihan menu di Jadah Tempe Mbah Carik dan Raminten Kaliurang.

Leave a Comment